PACITAN terkenal sebagai kota yang banyak memiliki objek wisata berupa goa. Salah satu yang menjadi favorit adalah Goa Gong, terletak di Desa Bromo Kecamatan Punung Pacitan Jawa Timur. Goa ini cukup terkenal sehingga mudah untuk menemukan keberadaannya.

Saat memasuki gua, suasana dingin akan menyapa pengunjung karena di dalam goa terdapat banyak kipas angin yang disediakan sebagai fasilitas pengunjung. Pemandangan staklatit dan staklamit yang mengagumkan nampak memenuhi isi goa.

Goa Gong terbagi menjadi tujuh ruang dengan keindahan masing-masing. Jalur jalannya juga sangat aman dan nyaman dengan jalan yang mendatar dan dibatasi dengan pagar besi, sehingga pengunjung akan lebih mudah menikmati panorama dalam goa.

Jalanan tersebut juga dirancang memutar agar para pengunjung tidak tersesat. Pada jalur perjalanan tersedia pula kamar kecil. Setelah puas berjalan-jalan, pengunjung akan kembali mengarah ke jalan utama ketika memulai penyelusuran.

Pengunjung juga tak harus membawa senter sebagai penerangan karena di setiap sudut goa tersedia lampu-lampu penerangan yang berwana-warni sehingga menambah keindahan. Penamaan Goa Gong sendiri dikarenakan pada staklatit dan staklamit tertentu bisa mengeluarkan bunyi seperti gong dalam gemelan. (belantaraindonesia.org/*/X-13)