Berjelajah Alam ini saatnya beraksi kembali. Menuju Kota yang terkenal dengan makanan jenangnya yang nikmat. Yaitu Kota Pacitan…Tidak hanya punya Goa Gong, Kabupaten berjuluk kota 1001 Goa ini juga menawarkan sejumlah pantai eksotik, seperti Teleng Ria dan Klanyar. Selain itu, ada pula pemandian alam, yaitu banyu anget Tirto Husodoyang menyegarkan. Tempat-tempat wisata di kawasan ini memiliki ceritanya masing-masing seperti halnya Goa Gong yang memiliki sejarah tersendiri.

Anda pasti pernah melewati daerah ini jika anda menuju pacitan dari arah Ponorogo. Pemandian itu terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 15 km arah utara kota Pacitan. Untuk mencapai pemandian Banyu Anget tidaklah sulit. Anda bisa memanfaatkan tiga jalur utama yang menuju dan dari kota Pacitan Pertama jalur Solo-Wonogiri-Pacitan. Kedua jalur Ponorogo-Pacitan. Jarak Solo Pacitan sekitar 117 km, Ponorogo-Pacitan 60 km.

Bila mengendarai kendaraan pribadi, dari arah Ponorogo menuju kota Pacitan, 50 meter sebelah pasar Arjosari, belokkan kendaraan ke arah kiri. Jalan sepanjang 3 km ke arah utara harus Anda tempuh.

Jangan dulu merasa bosan untuk sampai di gerbang pemandian. Sebab selepas belok kiri dari pasar Arjosari, Anda disuguhi pemandangan alam pedesaan berupa sungai-sungai kecil dengan air jernih, persawahan dengan burung-burung kuntul pemakan serangga atau burung-burung emprit yang lincah mencuri perhatian petani untuk memakan padi. Nice ccpture yang benar-benar memanjakan mata kita untuk betah berlama-lama melintasi kawasan tersebut.

Selain rangkaian pemandangan itu, Anda juga bisa menyaksikan dari kejauhan bukit-bukit kapur khas Pacitan. Suasana ini tentunya sudah memberi nilai tambah bagi kesegaran rohani Anda.

Pemandian Banyu Anget bawah lereng bukit batu putih atau gunung kelir. Pemandangan sekitar lereng begitu menawan. Menuju Supeno petugas retribusi di lokasi, sejak tahun 1981 lereng bukit batu yang tandus digarap secara serius dengan aneka tumbuhan. Upaya tersebut menghasilkan lereng bukit yang menghijau, sehingga tidak ada kekhawatiran bahwa lokasi ini akan terkena musibah bukit longsor. Sekitar kawasanpun sudah ditata sedemikian rupa, sehingga semakin menambah keindahannya.

Keunggulan Banyu Anget Tirto Husodo, selain panorama alam yang menawan dan mudah dijangkau dengan transportasi darat, air hangatnya berkhasiat untuk kesehatan. Air hangat di pemandian ini, diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Air di pemandian ini mengandung zat kapur dan belerang dengan intensitas rendah. Itu sebabnya Anda tidak merasakan aroma belerang dilokasi ini. Kelebihan lain, airnya jernih dan tidak terasa lengket di badan.

Banyu Anget melengkapi dirinya dengan permainan anak-anak, 2 kolam renang air panas dewasa, 1 kolam renang air hangat anak-anak, 10 kamar mandi air panas, dan 2 buah villa dengan fasilitas air panas dan air dingin. Menurutnya air dingin tersebut khasiatnya sama dengan air panas.

Bila hendak mandi dikolam air panas, hendaknya perut jangan dalam keadaan kosong, sebab perut kosong akan menyebabkan pengunjung mengalami mual-mual, bahkan pingsan. Namun pengunjung yang pingsang sesudah siuman akan terlihat lebih segar.

Untuk masuk ke lokasi pemandian ini, Anda diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp. 3.000 per orang. Biaya untuk bermalam di villa berikut fasilitasnya sebesar Rp. 25.000. Setiap hari pemandian ini buka dari pukul 05.00 – 20.00 WIB.

Nah, jangan lupa mampir ya….