Selamat Datang Di Kota 1001 Goa

Okay, Mungkin banyak yang belum pada tahu tentang Pacitan. Memang Pacitan sebuah kota kecil di Pesisir Selatan Jawa Timur. Kota tempat saya tumbuh itu, berbatasan langsung dengan Prov Jawa Tengah di sebelah baratnya. Sedangkan disebelah utara, kota kecil ini berbatasan dengan Ponorogo, sebuah kota yang terkenal dengan kesenian Reog nya. Nah, di sebelah selatan kota ini, terbentang luas Samudera Hindia Yang mengurungnya. Kota ini terletak tidak jauh dari 2 kota budaya di Indonesia, yaitu Jogja never ending Asia (Yogyakarta) dan Solo the spirit of Java (Surakarta).

Kota ini mulai terkenal dan menjadi sorotan banyak orang karena salah satu putra terbaiknya berhasil menduduki kursi Presiden Republik ini. Kota kelahiran RI 1 sekarang ini, bapak Susilo Bambang Yudhoyono ini mulai mencoba mengembangkan semua potensi yang dimilikinya, salah satu sektornya adalah Pariwisata. Kota ini menawarkan keindahan alamnya sebagai primadona wisatanya dengan keindahan dan keeksotisan suasana Pantai Selatan Jawa yang mempunyai aura tersendiri, dengan ombak yang sangat indah dengan deburannya yang kencang serta dilengkapi rentetan gugusan pegunungan Selatan Jawa yang membentenginya. Sekarang kota kecil ini mulai mengembangkan diri sebagi salah satu kota wisata tempat tujuan turis-turis local dan mancanegara yang mencari keindahan alam yang secara natural masih terjaga dari sentuhan modernalitas dan industrialisasi.

Nah, obyek-obyek wisata yang ditawarkan oleh Pacitan mulai dari wisata pantai, goa dan pemandian air hangatnya. Dimulai dengan dengan bermacam jenis pantai yang dimilikinya, mulai dari pantai Teleng Ria yang berupa teluk dengan ombaknya yang tidak terlalu tinggi dan berada di dekat kota, pantai Srau yang menawarkan keindahan pasir pantai yang putih dan bersih, Watu Karung dan Sundak yang berpasir putih juga dan dengan karang yang menghiasinya. Dan semua itu masih-masih sangat alami.

Pacitan yang diproyeksikan sebagai Kota Wisata Karst terkenal akan keindahan goa alaminya. yang menjadi primadona wisata adalah Goa Gong yang dikenal sampai ke luar negeri (anda pasti belum tahu).

Yap Goa Gong merupakan Goa yang diakui oleh dunia sebagai Goa terindah ke 2 setelah Goa apa gitu* di Prancis yang menjadikan para turis ingin mengunjungi kota ini. Kenapa namanya Gong? yap karena di dalam goa itu terdapat stalakmit yang berbunyi seperti Gong jika dipukul. Selain itu, masih terdapat Goa Tabuhan yang batu-batuannya dapat digunakan sebagai gamelan untuk mengiringi nyanyian dari si sinden (anda pasti akan takjub) dan Goa Putri yang tidak kalah cantik. Selain itu di Pacitan juga terdapat pemandian air hangat alami yang mata airnya berasal dari Pegunungan apa gitu, nah pemandian ini bisa menyembuhkan bermacam-macam penyakit dengan kandungan belerangnya…

Pembangunan PLTU di Kec Sudimoro, Pacitan

Dan sekarang, sebagai perwujudan program peningkatan pembangkit listrik, di Pacitan sedang dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Dan sekarang telah hampir selesai. Pembangunan proyek ini juga otomatis akan membuat Pacitan akan lebih terkenal lagi (semoga keluar di soal ujian anak SD).

Nah sedikit deskripsi tentang kota tempat saya tumbuh itu, walaupun saya tidak dilahirkan di Pacitan, saya bangga menjadi salah satu warganya. semoga tulisan ini bisa menginspirasi kalian yang lagi hunting nyari rekomendasi tempat wisata yang mau dikunjungi.

Untuk Lebih jelasnya, silahkan dinikmati foto-foto tentang Pacitan,

Foto-foto Goa Gong :

Stalaktit yang menghiasi dinding Goa

Sisi Dalam Goa Gong

Goa Tabuhan :

Goa Tabuhan, tak kalah oleh Goa Gong

Pantai-Pantai di Kabupaten Pacitan:

Pantai Srau

Pesisir Pantai Nampu

Pantai Klayar dari puncak Bukit

Putra Pacitan kala berkunjung ke Pantai Teleng Ria

Pantai Watu Karung

Monumen Jenderal Sudirman:

Monumen Jenderal Sudirman

Pemandian Air Hangat :

pemandian Air Hangat

Begitu seklumit pembahasan mengenai pacitan ( Kotaku Pacitan 1001 Goa )..Pacitan terkenal karena Putra Pacitan Berhasil Menduduki Kancah tertinggi di Negeri ini, Selain karena tempat wisatanya yang menarik dikunjungi…
Kami tunggu kedatangan anda di Kota Kami…:D