Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.

Dari pelataran parkir pengunjung sudah dapat menikmati pesona air terjun sedudo, dengan berjalan menuruni tangga sekitar 5 menit pengunjung akan sampai di pelataran air terjun Sedudo. Bagi pengunjung yang tidak tahan hawa dingin tetapi ingin berendam sebaiknya datang ketempat ini pada saat tengah hari. Hawa gunung yang dingin sangat terasa pada saat pagi hari dan sore hari.

Kawasan Air Terjun Sedudo dahulunya adalah tempat Ki Ageng ngaliman bertapa. Adapun beliau dahulunya adalah tokoh penyebar agama Islam di Nganjuk. Sebagai penghormatan kepada Ki Ageng Ngaliman atas jasa-jasanya, masyarakat menyelenggarakan upacara ritual Pengambilan Air Sedudo pada setiap 1 Suro.

Air Terjun Sedudo sudah terkenal sejak zaman Majapahit. Air Sedudo diyakini sebagai Tirta Suci yang mengalir dari Kahyangan sehingga pada zaman Majapahit, Raja, Bangsawan dan Pendeta sering mempergunakan Air Sedudo untuk mencuci senjata pusaka milik Raja dan Patih dalam Prana Prastita.