Terdapat 603 jenis koral, 1397 ikan yang hidup di karang yang siap memukau.

Wisata Indonesia memiliki kekayaan laut yang beraneka ragam. Begitu pula dengan biota laut yang dimiliki tanah air kita. Jika kita selama ini sudah mengenal Wakatobi, Bunaken, Bali atau Togean sudah saatnya Anda mencoba mengunjungi Raja Ampat.

Kabupaten yang terletak di Papua Barat menyajikan eksotisme bawah laut yang luar biasa indahnya.

Klaster kepulauan dengan 610 gugusan pulau dengan panjang pesisir pantai 753 km ini memiliki sekitar 610 juta hektar laut serta daratan. Laut Raja Ampat memiliki ragam variasi spesies koral terkaya di dunia.

Terdapat 603 jenis koral, 1397 ikan yang hidup di karang yang siap memukau Anda. Yang menakjubkan 603 jenis koral yang terdapat di Raja Ampat mewakili 75 persen spesies karang di seluruh dunia.

Pemandangan bawah laut Raja Ampat tak kalah menakjubkannya. Terdapat diving point dimana Anda bisa menemukan ikan Manta yang sering berkeliaran di sana. Ikan yang bentuknya mirip pari-pari tapi berukuran lebih besar ini bisa Anda ajak bercanda di sekitar perairan desa Arborek.

Jernihnya air laut di Raja Ampat membuat scuba diving menjadi lebih sempurna. Ada pula kawanan lumba-lumba yang siap menghibur Anda dengan aksi-aksinya yang luar biasa.

Bahkan pada bulan Oktober hingga Desember, kawanan ikan Paus sering terlihat di Raja Ampat. Tertarik menyaksikan keanekaragaman biota laut Indonesia? Datanglah ke Raja Ampat, Anda akan menyaksikan surga bawah laut terindah dunia.

Penulis: Yudo Dahono

Revisi : Bayu Setyo Widagdo
Time : 08 : 39 , 19/09/2012