Ngiroboyo PacitanPACITAN – Pemerintah desa di wilayah Dusun Sambi Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan menggelar perlombaan dayung bebas di Muara Sungai Ngiroboyo, selasa (30/10) lalu.

Lomba yang digelar ini diharapkan menjadi momentum untuk mengenalkan Pantai dan Sungai Ngiroboyo sebagai kawasan wisata sekaligus sarana olahraga air.

“Sungai Ngiroboyo  cocok untuk olahraga dayung karena kedalaman dan luas muara sungai sangat mendukung. Apalagi pengunjung juga dimanjakan dengan keindahan pantai dengan ombak landai” Ujar Kepala Desa Sendang Winarto, seperti dilansir laman kominfo jatim.

Diakui Winarto, untuk akses menuju Pantai Ngiroboyo memang cukup sulit. Selain turunan dan kelokan tajam, kondisi jalan juga belum semua baik atau masih jalan makadam.

Namun demikian, masyarakat sangat berharap pemerintah dapat membantu perbaikan infrastruktur tersebut sehingga pengunjung dapat mudah mencapai lokasi.

Dengan semakin banyaknya peminat yang datang, maka warga yang selama ini hanya menggantungkan hidupnya dari bertani dan mengolah nira menjadi gula kelapa, dapat mendapatkan keuntungan lain.

Tersedianya sumber daya alam serta dukungan masyarakat yang begitu kuat untuk menjadikan kawasan Pantai Ngiroboyo sebagai lokasi wisata dan olahraga air, mendapat dukungan Bupati Pacitan Indartato.

Saat tilik warga di Kecamatan Donorojo, bupati berkesempatan menghadiri lomba dayung di Muara Sungai Ngiroboyo. Bahkan, orang nomor satu di Pacitan itu sangat  mengapresiasi dan berharap, kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan. Sebagai bentuk keseriusan, Pemkab Pacitan juga akan segera memperbaiki infrastruktur jalan hingga akhir 2013.

Bukan hanya kepada pihak terkait, Bupati Indartato berharap partisipasi masyarakat untuk ditingkatkan. Begitu juga peran swasta dan mitra pemerintah. Lomba dayung bertajuk Ngiroboyo festival ini diikuti oleh beberapa kelompok dan instansi baik pemerintah maupun swasta. (c8/lik)