TamanNasional KomodoTaman Nasional Komodo, merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang diakui oleh dunia. Bersama dengan Taman Nasional Ujung Kulon, Candi Prambanan, Candi Borobudur, Situs Manusia Purba Sangiran, Taman Nasional Lorentz, Hutan Hujan Tropis Sumatera, Taman Nasional Gunung Lauser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980 dengan tujuan untuk melindungi kelestarian spesies komodo yang semakin berkurang jumlahnya dan terancam punah.

Taman Nasional ini meliputi beberapa pulau dengan 3 pulau utama yaitu pulau Komodo, pulau Rinca dan pulau Padar. Meskipun memakai nama komodo, namun di taman nasional ini juga terdapat satwa-satwa langka lainnya (277 spesies). Terdapat spesies mamalia (32), burung (128) dan spesies hewan darat lainnya (25).

Taman Nasional Komodo, tujuan wisata yang akan menyuguhkan panorama yang tak akan bosan mata menatapnya. Meninggalkan rasa ingin mengunjungi kembali ketika kaki telah terlanjur menapak di sana. Karena selain spesies-spesies satwa langka seperti disebut di atas, Taman Nasional Komodo juga menghamparkan kekayaan biota laut berupa terumbu karang dan lebih dari 1.000 spesies ikan.

Akhiri petualangan menyusuri pulau demi pulau, menjelajah jalan-jalan setapak berhiaskan luasnya padang sabana dengan menengok keindahan bawah lautnya. Para wisatawan penikmat diving (menyelam) tak akan mampu menolak rayuan eksotis panorama bawah laut yang terhampar.



Kekayaan bawah laut Taman Nasional Komodo
Sumber : Wikipedia.org

Advertisements