Pantai Pacitan? Pasti yang langsung terlintas di benak adalah nama-nama seperti Pantai Teleng Ria, Pantai Srau, ataupun Pantai Klayar.

 

Tidak mengherankan memang, karena pantai-pantai tersebut memang pantai yang telah dikelola menjadi obyek wisata alam Pacitan, sehingga paling sering dipromosikan dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

 

Tapi jika anda ingin nuansa lain dari pantai yang ada di Pacitan, Pantai Kali Uluh bisa dijadikan altenatif untuk dikunjungi.

 

Terletak di Desa Klesem Kecamatan Kebonagung, Pantai Kali Uluh memang bukan termasuk pantai yang bisa diakses dengan mudah. Walaupun hanya sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Pacitan, tetapi kondisi jalan menuju pantai benar-benar menawarkan tantangan yang lumayan berat.

 

Dari kota Pacitan memang awalnya kita dimanjakan dengan melewati Jalan Lintas selatan (JLS) yang sudah diaspal mulus sampai Desa Gawang.

 

Dari sini tantangan baru dimulai. Jalan menanjak yang rusak berat sampai Pasar Gayam Sidomulyo. Dari Pasar ini belok kanan arah ke Desa Klesem, kondisi jalan juga masih sama, aspal yang sudah rusak. Mendekati pantai jalan aspal digantikan dengan jalan macadam dan jalan rabat beton yang juga sudah mulai rusak.

 

Turunan yang curam dan tikungan yang tajam melengkapi tantangan perjalanan sehingga menuntut kewaspadaan dan konsentrasi berkendara yang tinggi bagi pengunjung.

 

Tetapi begitu kita sampai di kawasan pantai, semua tantangan perjalanan tadi langsung menguap lenyap, terhapus nuansa alam yang demikian mempesonannya.

 

Pantai Kali Uluh terhampar memanjang sekitar satu kilometer. Di bagian barat dibatasi tebing, dan di bagian barat ini pula dimanfaatkan untuk berlabuh perahu nelayan setempat.

 

Walaupun hampir semua bagian tepi pantai ini didominasi oleh pasir pantai, tetapi dalam pantainya sendiri justru didominasi oleh koral-koral dan batu-batuan karang sehingga airnya terlihat sangat jernih.

 

Latar belakangnya adalah area persawahan dan pertanian warga setempat tentu saja dengan deretan pohon-pohon kelapa sebagai ciri khas panorama pantai.

 

Ada beberapa sungai kecil yang bermuara di pantai Kali Uluh ini dengan air yang jernih, menjamin ketersediaan akan air tawar, terutama bagi anda yang ingin “nge-camp”. Sebagai pantai laut selatan, tidak mengherankan jika Pantai Kali Uluh berombak besar.

 

Ombak besar yang bergulung-gulung inilah yang justru menjadikan salah satu ciri khasnya. Bahkan menurut penduduk setempat, ombak besar pantai ini sudah pernah dimanfaatkan oleh beberapa wisatawan untuk surfing.

 

Secara umum, pantai ini sangat cocok dijadikan salah satu tujuan wisata adventure, terutama bagi anda yang menyukai petualangan. Aksesnya yang sulit dan penuh tantangan membuat Pantai Kali Uluh terlihat kealamiannya. “Ayo berwisata ke Pacitan.” frend