Kegiatan kami di sore hari kali ini adalah survey sekaligus jalan-jalan menuju Jalan Lintas Sejarah (JLS) Pacitan. Rasa keingintahuan yang mendorong kami untuk meluangkan waktu sejenak menelusuri JLS Pacitan.  Dengan kegiatan ini kami bermaksud untuk menambah pengetahuan sekilas tentang pembangunan Jalan Lintas Selatan di Kabupaten Pacitan.
Jalan Lintas Selatan di kabupaten Pacitan yang berfungsi sebagai jalur transportasi daratmenghubungkan kabupaten Wonogiri (Jateng) – Kabupaten Trenggalek (Jatim) dengan jarak kurang lebih 85,63Km. Dengan pembagian 4 ruas jalan, yakni:
1. Ruas Jalan Gelonggong – Ploso, sepanjang 38,235 Km. dengan lebar 6 meter, namun belum standar JLS.
2. Ruas Jalan lingkar Ploso – Sirnoboyo sepanjang 2,4Km, yang saat ini masih dalam proses pembebasan lahan.
KM 14.
3. Ruas Pacitan – Hadiwarno, dengan panjang jalan 30Km, jalan yang telah dibangun sepanjang 14Km dengan lebar 7meter dan sisanya 16Km berupa jalan Tanah.
4. Ruas Jalan Hadiwarno – Trenggalek, sepanjang 14Km. Telah diaspal seluruhnya dengan lebar 7m.
Aspal Jalan rusak
Sedangkan jalan yang kami telusuri yakni jalan sekitar Jalan Pacitan –  Hadiwarno, kuranglebih 14Km. Sekilas jalan yang kami telusuri, sangat layak sebagai JLS dengan jalan yang sedikit liku dan tanjakan yang curam.  Namun kami telah menemukan aspal jalan yang telah mengalami kerusakan sekitar 10m. Dan saat itu pengerjaan JLS sedang dilakukan, namun terlihat kurang maksimal, sebab terlihat personil dan alat-alat, serta material yang kurang. Hal ini dimungkinkan karena hambatan-hambatan yang terjadi pada proses pembangunan JLS ini, antara lain Cuaca yang tidak mendukung untuk dilakukannya pengerjaan jalan. Sedangkan hambatan-hambatan untuk menghubungkan ruas jalan ini dimungkinkan karena keadaan topografi kabupaten Pacitan yang banyak gunung dan bukit, sebab untuk membuka jalan yg berstandart JLS, harus membelah bukit-bukit yang ada. Sengketa pembebasan lahan masyarakat ini pun bisa jadi penghambat pembangunan Jalan Lintas Selatan ini, sehingga dapat dijadikan maklum pembangunan JLS ini memakan waktu yang cukup lama.
Sebagai warga masyarakat, kami mohon kepada pihak pembangun untuk segera menyelesaikan JLS, agar kesejahteraan masyarakat tercapai. Kepada segenap warga masyarakat Kabupaten Pacitan, kami berharap dukungan dan partisipasi semuanya dalam pembangunan Jalan Lintas Selatan di Kabupaten Pacitan sebagai penghubung transportasi darat di pulau Jawa bagian selatan. Salam hangat, Reporter. [moc/riza]
Lampiran Pic