Pantai Somandeng ini terletak persis di antara pantai Sundak di barat dengan pantai Indrayanti di timurnya. Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kelurahan Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung kidul, Yogyakarta.

Berbeda nasib dengan kedua tetangganya tersebut, pantai ini sepi pengunjung. Payung-payung berwarna-warni di pasir putihnya nyaris tak berpenghuni. Hanya tampak sepasang turis asing yang sedang menikmati belaian angin dan keindahan suasana pantai ini.

Pantai Somandeng

Pemandangan yang sangat kontras sekali dengan pantai Indrayanti yang berjarak tak lebih dari 50 meter.

Mungkin pantai di sebelah terlalu penuh, sebagian dari tim @sangkuriangID memilih beralih ke pantai ini. Dan faktanya, mereka beranggapan bahwa pantai ini masih bagian dari pantai Indrayanti. Bukti nyata kurangnya promosi akan kehadiran pantai Somandeng ini.

Pantai ini memiliki daya tarik dimana saat pantai surut Anda bisa melihat batuan karang yang ditumbuhi oleh jenis-jenis rumput laut dan jenis-jenis biota laut lainnya.

Di pantai ini juga terdapat pipa-pipa saluran yang fungsinya untuk mengambil air laut untuk tambak yang terletak di sebelah utaranya.

Pipa penghisap air laut

Selain itu di sepanjang pantai terdapat banyak penyedia obat lapar, gazebo tempat bersantai bahkan juga ada penginapannya. Namun ya itu tadi, kurangnya promosi berbanding lurus dengan pengasilan para pengelolanya.

sumber : http://advjourney.com/2013/04/18/pantai-somandeng/