Pantai Ngandong. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata utama setelah Bali. Yogyakarta lebih terkenal dengan Malioboro ataupun Keraton Yogya-nya. Pantainya pun yang paling terkenal disana adalah Pantai Parangtritis. Namun ada satu lagi pantai yang jauh lebih cantik yaitu Pantai Ngandong.

Pantai cantik nan elok ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi D.I.Yogyakarta. Lokasi pantai ini bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan dari Kota Gudeg tersebut. Pantai ini diapit oleh 2 pantai lainnya yaitu Pantai Sundak dan Pantai Krakal.
Pantai Ngandong

Pantai Ngandong tergolong pantai yang masih asri dan alami karena belum banyak yang pernah berkunjung kesana. Karena untuk mencapai lokasi pantai ini tidak mudah, pengunjung harus melewati jalanan berbatu dan pohon-pohon besar disisi kanan kirinya.

Meskipun Pantai Ngandong tidak luas, namun keindahannya sangatlah mempesona. Pantainya yang landai dengan pasir putih yang bersih dan birunya air laut membuat pantai ini tidak kalah dengan pantai tetangganya.  Di sebelah kanan kiri pantai terdapat perbukitan batu karts yang hijau menambah cantiknya pantai ini.
Berenang Di Pantai

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola Pantai Ngandong untuk para wisatawan. Misalnya, sobat bisa menikmati panorama dan keindahan pantai dengan duduk di kursi yang memang sengaja disediakan oleh para pemilik warung atau kedai yang berdagang di tepi pantai. Dengan begitu, sobat pun dapat mengawasi putera-puteri sobat yang sedang bermain pasir dan berenang di pantai dengan airnya yang cukup bersahabat.

Ada keunikan lain di pantai ini yaitu, bila kita menuju ke tengah laut dengan menggunakan kapal nelayan, kita akan menjumpai sebuah sumber air tawar yang muncul ke permukaan laut, sehingga seperti air yang mendidih.

Perahu Nelayan

Pantai Ngandong juga merupakan tempat berlabuhnya para nelayan setempat. Disini pengunjung bisa menikmati aneka hidangan seafood segar di tepi pantai. Bila ingin membawa sebagai oleh-oleh, pengunjung bisa membeli ikan segar langsung dari para nelayan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Fasilitas lain yang bisa sobat jumpai saat berkunjung ke pantai Ngandong adalah penginapan satu rumah, yang terdiri dari 4 kamar dan juga rumah panggung dengan AC didalamnya. Rumah panggung ini berada di bibir pantai sehingga sangat mengasyikan untuk menikmati keindahan Pantai Ngandong sambil bersantai di dalam kamar.

sumber :http://balibackpacker.blogspot.com/2012/11/pantai-ngandong-pantai-cantik-di.html