Kabupaten Pacitan terkenal mempunyai pantai-pantai yang indah mulai dari ujung barat sampai ujung timur garis pantainya. Cuma karena jarang terekspose maka banyak diantaranya yang belum dikenal bahkan oleh kebanyakan masyarakat Pacitan sendiri. Salah satunya adalah Pantai Kunir.

Pantai Kuncir tepatnya terletak di Desa Pager Kidul Kecamatan Sudimoro. Dari pusat kota Pacitan, sekitar setengah jam perjalanan melalui JLS (Jalan Lintas Selatan) sampailah di pertigaan depan Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo, ambil kanan masuk di jalan jurusan Lorok – Trenggalek. Sekitar 10 menit sampailah di penunjuk arah Pantai Kunir yg terletak di kanan jalan. Sayangnya setelah penunjuk arah ini tidak ada papan penunjuk arah lagi, sehingga begitu masuk bertemu pertigaan ambil jalan yg ke kiri. Susuri terus jalan ini yang mayoritas masih berupa jalan makadam, tetapi di jalan-jalan yg agak sulit sudah dirabat beton.

Setelah perjalanan sekitar 1,8 Km, sampailah kita di lokasi Pantai Kunir. Begitu masuk lokasi langsung disambut hamparan rumput di tanah lapang yang seluas lapangan sepak bola, sangat cocok dipakai buat area perkemahan.

Pantai Kunir merupakan pantai berpasir yg membentang sekitar setengah kilometer. Di ujung timur pantai terdapat sungai yang berpagar tebing bebatuan kapur khas pantai Pacitan. 

Berbatasan dengan kawasan perkebunan penduduk yang banyak ditumbuhi pohon kelapa, dan beberapa pohon besar yang  tumbuh di tepi pantai membuat pantai ini terasa nyaman untuk refreshing. Hutan yang masih lebat di seputar sungai yang bermuara di Pantai Kuncir membuat nuansa terasa sunyi, apalagi pantai ini juga sangat jarang dikunjungi wisatawan karena memang belum begitu dikenal luas di kalangan masyarakat Pacitan sendiri.

Kesunyian Pantai Kuncir memberi nilai tambah tersendiri bagi anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari kebisingan kota. Tanah lapang yang luas dan berumput serta ketersediaan air tawar dari sungai cocok bagi yang ingin berkemping. 


Hanya saja jika ke pantai ini jangan lupa untuk membawa bekal, karena tidak ada pedagang yang berjualan di kawasan pantai ini. Akses ke pemukiman penduduk terdekat ya di sekitar penanda masuk dari jalan utama Lorok-Pacitan. Terlepas dari segala kekurangan dan kelebihannya, Pantai Kunir bisa dijadikan salah satu alternatif menikmati liburan di Pacitan. Ayo berwisata ke Pacitan.

sumber :http://info-pacitan.blogspot.com/2013/03/menyibak-kesunyian-pantai-kunir.html