Pantai Alam Indah (PAI) terletak di jalan Sangir Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur yang saat ini dikelola oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tegal dengan luas
sekitar 21 ha. Kompleks PAI terletak di lingkungan perkotaan sehingga memudahkan transportasi bagi pengunjung daya tarik wisata tersebut.

Pantai Alam Indah, yaitu sekitar 2 kilometer dari pusat kota Tegal. Jalur mudah ditempuh jalan sudah lancar dan datar. Alat transportasi yang dapat digunakan bisa mobil, motor atau kendaraan pribadi atau kendaraan umum jalur wisata oantai alam indah.

Tiket masuk PAI cukup murah pada hari-hari biasa hanya Rp. 1.000 dan pada hari libur dan lebaran Rp. 1.500 sesuai dengan Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Jasa dan Usaha Pariwisata. Tiket masuk PAI ini, tergolong paling murah. Dengan tiket yang murah ini kita dapat melihat suasana pantainya yang indah.

PAI memiliki pantai yang landai, tidak terkena abrasi tetapi justru terjadi sedimentasi rata-rata 3 m per tahun. Pantainya terdiri dari pasir laut yang padat berwarna coklat, mudah meresap air sehingga tidak mudah terkena banjir.

Bentuk pantainya datar dan bersih serta memanjang sampai sepanjang 2.100 meter sehingga berpotensi sebagai sarana olahraga, antara lain gerak jalan santai di pantai dan olahraga renang.

Di kawasan Pantai Alam Indah terdapat pulapulau Karang Jeruk, yang merupakan gugusan karang laut dengan panorama bawah air yang menjanjikan keindahan dasar laut, dengan berbagai ekosistem biota laut yang bervariasi. Jika memungkinkan maka akan tampak ekosistem laut laksana akuarium besar dengan gugusan karang laut dan ikannya.



Bagi yang mempunyai hobi memancing, tempat ini sangat cocok untuk menyalurkan hoby memancing. Biasanya ikan dasar seperti kakap merah dan kerapu berada di sebelah utara pulau Karang Jeruk, sedang ikan-ikan lain seperti barakuda, tengiri, talang-talang berada di dekat pulau karang jeruk. Waktu tempuh pulau Karang Jeruk dari Pantai Alam Indah sekitar 30 menit perjalanan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Alam Indah saat ini adalah Waterboom, Monumen Bahari , wisata perahu dan sarana darat meliputi taman bermain serta kereta kelinci. Sarana perdagangan dan warung juga tersedia serta sarana budaya berupa panggung hiburan dan Kampung Seni.(*)